Thursday, June 22, 2017

Filled Under:

KISAH PERJUANGAN JAMALUDDIN AL AFGHANI




Jamaluddin Al Afghani





JAMALUDDIN AL AFGHANI AS-SAYID MUHAMMAD BIN SHAFDAR AL-HUSAIN ATAU LEBIH DIKENAL DENGAN JAMALUDDIN AL-AFGHANI MERUPAKAN SEORANG PEMIKIR ISLAM, AKTIVIS POLITIK, DAN JURNALIS TERKENAL YANG LAHIR DI ASADABAD, IRAN PADA TAHUN 1838. GELAR SAYID YANG DISANDANGNYA MENUNJUKAN IA BERASAL DARI KETURUNAN HUSEIN BIN ALI BIN ABI THALIB. IA SANGAT MEMBENCI KONOLIALISME SEHINGGA MENJADIKANNYA PERUMUS DAN AGITATOR PAHAM ATAU GERAKAN NASIONALISME DAN PA-ISLAMISME. IA JUGA MENJADI TOKOH YANG AMAT BERPENGARUH DALAM PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN AKSI-AKSI SOSIAL PADA ABAD KE-19 DAN KE-20. IA MENGHIMBAU PERSATUAN UNSUR-UNSUR MASYARAKAT ISLAM DAN MENGECAM PERPECAHAN SERTA KEJUMUDAN YANG TERJADI DI DUNIA ISLAM. IA WAFAT DI ISTANBUL TURKI PADA 9 MARET 1897.


AL-AFGHANI BERUSAHA MEMECAH TEMBOK EKSKLUSIF KAUM MUSLIMIN DAN MEMBAWA MEREKA MEMASUKI DUNIA LEBIH TERBUKA. AFGHANI TETAP OPTIMIS MESKIPUN MENGHADAPI REALITAS ADANYA KEMAJEMUKAN BANGSA, BUDAYA DAN AGAMA. BAGINYA AGAMA ITU SENDIRI, KHUSUSNYA AGAMA RUMPUN SEMITIK - YAHUDI, KRISTEN DAN ISLAM - BUKAN MENJADIKAN FAKTOR PERPECAHAN. MENURUTNYA PERPECAHAN HANYA TERJADI BILA DIEKSPLOITASI OLEH KEPENTINGAN-KEPENTINGAN SEMATA, ORANG YANG BERKEPENTINGAN. MENURUT JAMAL AL-DIN PERPECAHAN DI KALANGAN PENGANUT AGAMA LEBIH BANYAK DICETUSKAN OLEH PARA PEDAGANG AGAMA, MEREKALAH YANG MENIMBULKAN ISU PERSELISIHAN DAN MEMPERNIAGAKANNYA DI WARUNG AGAMA MASING-MASING UNTUK MENGAMBIL KEUNTUNGAN PRIBADI

AKTIVITAS AL-AFGHANI BERPINDAH DARI SATU NEGARA ISLAM KE NEGARA ISLAM LAIN, SERTA PENGARUHNYA YANG TERBESAR DITINGGALKANNYA DI MESIR. IA JUGA ADALAH PERINTIS MODERNISME ISLAM, KHUSUSNYA AKTIVISME ANTI IMPERIALIS. DIA TERKENAL KARENA KEHIDUPAN DAN PEMIKIRANNYA YANG LUAS, DAN JUGA KARENA MENGANJURKAN DAN MEMPERTAHANKAN SEJAK 1883, BAHWA PERSATUAN ISLAM MERUPAKAN SARANA UNTUK MEMPERKUAT DUNIA MUSLIM MENGHADAPI BARAT. DIA PULA TOKOH YANG PERTAMA KALI MENGANJURKAN UNTUK KEMBALI PADA TRADISI MUSLIM DENGAN CARA YANG SESUAI DENGAN BERBAGAI PROBLEM, MENGUSIK TIMUR TENGAH DI ABAD SEMBILAN BELAS. DENGAN MENOLAK TRADISIONALISME MURNI YANG MEMPERTAHANKAN ISLAM SECARA TIDAK KRITIS DISATU PIHAK, DAN PENIRUAN MEMBABI BUTA TERHADAP BARAT DI PIHAK LAIN. AL-AFGHANI MENJADI PERINTIS PENAFSIRAN ULANG ISLAM YANG MENEKANKAN KUALITAS YANG DIPERLUKAN DI DUNIA MODERN, SEPERTI PENGGUNAAN AKAL, AKTIVITAS POLITIK, SERTA KEKUATAN MILITER DAN POLITIK.

KEHIDUPAN & PERJUANGAN :

BERPENDAPAT BAHWA KEMUNDURAN UMAT ISLAM DISEBABKAN ANTARA LAIN KARENA UMAT TELAH MENINGGALKAN AJARAN-AJARAN ISLAM YANG SEBENARNYA. AJARAN QADA DAN QADAR TELAH BERUBAH MENJADI AJARAN FATALISME YANG MENJADIKAN UMAT MENJADI STATIS. SEBAB-SEBAB LAIN ADALAH PERPECAHAN DI KALANGAN UMAT ISLAM SENDIRI, LEMAHNYA PERSAUDARAAN ANTARA UMAT ISLAM DAN LAIN-LAIN. UNTUK MENGATASI SEMUA HAL ITU ANTARA LAIN MENURUT PENDAPATNYA IALAH UMAT ISLAM HARUS  KEMBALI KEPADA AJARAN ISLAM YANG BENAR, MENSUCIKAN HATI, MEMULIAKAN AKHLAK, BERKORBAN UNTUK KEPENTINGAN UMAT, PEMERINTAH OTOKRATIS HARUS DIUBAH MENJADI DEMOKRATIS, DAN PERSATUAN UMAT ISLAM HARS DIWUJUDKAN SEHINGGA UMAT AKAN MAJU SESUAI DENGAN TUNTUTAN ZAMAN. 

IDE-IDE PEMBAHARUAN DAN PEMIKIRAN POLITIK AL-AFGHANI TENTANG NEGARA DAN SISTEM PEMERINTAHAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT : 

1. BENTUK NEGARA DAN PEMERINTAHAN MENURUT AL-AFGHANI, ISLAM MENGHENDAKI BAHWA BENTUK PEMERINTAHAN ADALAH REPUBLIK. SEBAB, DI DALAMNYA TERDAPAT KEBEBASAN BERPENDAPAT DAN KEPALA NEGARA HARUS TUNDUK KEPADA UNDANG-UNDANG DASAR. PENDAPAT SEPERTI INI BARU DALAM SEJARAH POLITIK ISLAM YANG SELAMA INI PEMIKIRNYA HANYA MENGENAL BENTUK KHALIFAH YANG MEMPUNYAI KEKUASAAN ABSULOT. PENDAPAT INI TAMPAK DIPENGARUHI  OLEH PEMIKIRAN BARAT, SEBAB BARAT LEBIH DAHULU MENGENAL PEMERINTAHAN REPUBLIK, MESKIPUN  PEMAHAMAN AL-AFGHANI TIDAK LEPAS TERHADAP PRINSIP-PRINSIP AJARAN ISLAM YANG BERKAITAN DENGAN DENGAN KEMASYARAKATAN DAN KENEGARAAN. 

2. SISTEM DEMOKRASI DI DALAM PEMERINTAHAN YANG ABSULOT DAN OTOKRATIS TIDAK ADA KEBEBASAN BERPENDAPAT, KEBEBASAN HANYA ADA PADA RAJA/KEPALA GEGARA  UNTUK BERTINDAK, YANG TIDAK DIATUR OLEH UNDANG-UNDANG. KARENA ITU AL-AFGHANI MENGHENDAKI AGAR CORAK PEMERINTAHAN ABSULOT DIGANTI DENGAN DENGAN CORAK PEMERINTAHAN DEMOKRASI. PEMERINTAHAN DEMOKRATIS MERUPAKAN SALAH SATU IDENTITAS YANG PALING KHAS DARI DARI PEMERINTAHAN YANG BERBENTUK REPUBLIK. 

3. PAN ISLAMISME (SOLIDARITAS ISLAM) AL-AFGHANI MENGINGINKAN ADANYA PERSATUAN UMAT ISLAM BAIK YANG SUDAH MERDEKA MAUPUN MASIH TERJAJAH. GAGASANNYA INI TERKENAL DENGAN PAN ISLAMISME. IDE BESAR INI MENGHENDAKI TERJALINNYA KERJASAMA ANTARA NEGARA-NEGARA ISLAM DALAM MASALAH KEAGAMAAN, KERJASAMA ANTARA KEPALA NEGARA ISLAM. KERJASAMA ITU MENUNTUT ADANYA RASA TANGGUNGJAWAB BERSAMA DARI TIAP NEGARA TERHADAP UMAT ISLAM DIMANA SAJA MEREKA BERADA, DAN MENUMBUHKAN KEINGINAN HIDUP BERSAMA DALAM SUATU KOMUNITAS SERTA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN UMAT ISLAM. 


PENGARUH PEMIKIRAN JAMALUDDIN AL-AFGHANI 

IDE PEMBEBASAN DARI KENDALI BARAT, MERUPAKAN TUJUAN PERJUANGAN POLITIK AL-AFGHANI YANG PALING POPULER. UCAPAN-UCAPAN AL-AFGHANI BANYAK DIKUTIP OLEH KAUM MODERNIS ISLAM, NASIONALIS, MAUPUN ISLAM KONTEMPORER YANG MENDUKUNG KEBEBASAN SEPERTI ITU. AL-AFGHANI JUGA MENARIK BAGI AKTIVIS TERKEMUDIAN KARENA  KEHIDUPAN POLITIKNYA YANG LUAR BIASA. MUSLIM MAUPUN BARAT PERNAH MEMILIKI KONTAK DENGAN AL-AFGHANI. LETAK KEBESARAN AL-AFGHANI BUKANLAH SEBAGAI PEMIKIR, MESKIPUN DALAM PEMIKIRAN ITU IA TETAP SANGAT PENTING KARENA IA MENUNJUKKAN PANDANGAN MASA DEPAN YANG JAUH DAN DAYA BACA ZAMAN YANG TAJAM. KEBESARANNYA TERLETAK TERUTAMA DALAM PERANANNYA SEBAGAI PEMBANGKIT KESADARAN POLITIK UMAT ISLAM MENGHADAPI BARAT, DAN PEMBERI JALAN BAGAIMANA MENGHADAPI ARUS MODERNISASI DUNIA INI. ADALAH MUHAMMAD ABDUH, MURIDNYA YANG PALING UTAMA YANG MENJABARKAN PEMIKIRAN-PEMIKIRAN KUNCI AL-AFGHANI SETELAH ABDUH BERPISAH DARI GURUNYA ITU KARENA HENDAK MENINGGALKAN DUNIA POLITIK  DAN LEBIH MENCURAHKAN  DIRI KEPADA BDANG KEILMUAN DAN PENDIDIKAN. DARI MUHAMMAD ABDUH-LAH SUBSTANSI PEMIKIRAN AL-AFGHANI MENEMUKAN FORMULASI INTELEKTUAL YANG LEBIH JAUH. MELALUI ABDUH GAGASAN PEMBAHARUAN PEMIKIRAN KEAGAMAAN MENYEBAR DI DUNIA ISLAM. ABDUH MENGAJUKAN ARGUMENTASI TENTANG KEHARUSAN MEMBUKA KEMBALI PINTU IJTIHAD UNTUK SELAMANYA, DAN DENGAN KERAS MENENTANG SISTEM PENGANUTAN TANPA KRITIK (TAQLID). SUBSTANSI IDE-IDE ITU SEBELUMNYA JUGA PERNAH DIKEMUKAKAN OLEH AL-AFGHANI. KARENANYA TIDAK BERLEBIHAN JIKA DIKATAKAN APA YANG DIKEMUKAKAN OLEH ABDUH, KEMUDIAN RASYID RIDHA DAN PARA PEMIKIR MODERNIS LAINNYA MEMILIKI BENANG MERAH PEMIKIRAN PEMBAHARUAN AL-AFGHANI. 

AL-AFGHANI, SUNNI ATAU SYIAH? 

ADA YANG MENARIK DARI KEBESARAN NAMA DAN PENGARUH AL-AFGHANI, YANG MENGANGKUT ASAL-MUASAL PRIBADI AL-AFGHANI. AL-AFGHANI DILAHIRKAN PADA TAHUN 1838. AYAHNYA BERNAMA SAYYID SYAFDAR, SEORANG PENGANUT MAZHAB HANAFI.  KONON AL-AFGHANI ADALAH KETURUNAN RASULULLAH. NASABNYA SAMPAI KEPADA SEORANG AHLI HADITS IMAM TURMUDZI DAN SILSILAH KELUARGANYA SAMPAI KEPADA NABI SAW MELALUI HUSEIN BIN ALI BIN ABI THALIB. ADA PERDEBATAN YANG UNIK MENGENAI TEMPAT KELAHIRAN AL-AFGHANI. ORANG IRAN MENGKLAIM BAHWA AFGHANI ADALAH KELAHIRAN ASADABAD IRAN. ADAPUN ORANG INDIA MENJADIKAN DESA SYIRUT SEBAGAI TANAH KELAHIRAN AFGHANI. SEDANG ORANG TURKI MENGANGGAP AFGHANI ADALAH KELAHIRAN AZERBAIJAN. 

MENURUT L. STODDARD, AL-AFGHANI DILAHIRKAN DI ASADABAD, DEKAT HAMAZAN DI IRAN. NAMUN IA BERKEBANGSAAN AFGHANISTAN, BUKAN IRAN, SEPERTI DINYATAKAN DALAM NAMANYA. GELAR "SAYYID" MENUNJUKKAN BAHWA IA ADALAH KETURUNAN RASULULLAH DAN DARAHNYA BERCAMPUR DENGAN DARAH ARAB. SEMENTARA ORANG SYIAH BAHWA AL-AFGHANI BERKEMBANGSAAN IRAN, MUHAMMAD HASAN I'TIMADUDDIN, SALAH SEORANG PENGIKUT SYIAH, SEPERTI DIKUTIP OLEH HAMKA, MENEGASKAN BAHWA AL-AFGHANI SEBAGAI ORANG IRAN, DILAHIRKAN DI ASADABAD DI WILAYAH IRAN. IA MENOLAK PENDAPAT TENTANG AL-AFGHANI BERKEBANGSAAN AFGHANISTAN. BAHKAN TOKOH SYIAH LAINNYA, MURTADHA MUTAHHARI, TIDAK MAU MENGGUNAKAN "AL-AFGHANI" DIBELAKANG NAMANYA. IA MENULIS NAMANYA DENGAN SAYYID JAMALUDDIN ASADABADI. MUTAHHARI PUN LEBIH BANYAK MENGGUNAKAN KATA "SAYYID" DALAM BUKUNYA, DAN ENGGAN MENGGUNAKAN KATA "AL-AFGHANI". ADANYA PERBEDAAN DAN PERDEBATAN SEPUTAR TEMPAT KELAHIRANNYA MENUNJUKKAN BAHWA AL-AFGHANI ADALAH SOSOK YANG SANGAT MENAKJUBKAN DAN MENJADI MILIK UMAT, MAKA PANTAS SAJA JIKA TIMBUL SALING KLAIM TENTANG TEMPAT KELAHIRANNYA DAN BEREBUT UNTUK SALING MEMILKI DI ANTARA BERBAGAI NEGARA (AFGHANISTAN, IRAN DAN TURKI) DAN BERBAGAI MAZHAB (SUNNI DAN SYIAH). AL-AFGHANI MEMANG MEMEGANG PERANAN PENTING DALAM GERAKAN POLITIK ISLAM MODERN. IA DIKENAL DI DUNIA ISLAM SUNNI DAN SYIAH, SERTA SANGAT BERPENGARUH TERHADAP DUNIA ISLAM, TERUTAMA KARENA PERHATIANNYA YANG SERIUS TERHADAP KOLONIALISME BANGSA-BANGSA BARAT DAN ABSOLUTISME PENGUASA-PENGUASA MUSLIM. 

0 comments:

Post a Comment